Tentang Kopi

Tulisan pertama di tahun 2014 tentang kopi aja deh, ngoprek OpenFlow nya dilanjut ntar aja. Setelah liat postingan orang di milis [itb*at*itb.ac.id] jadi inget kejadian lucu pertama kali gw ke Starbucks.

Sebelum cerita itu, gw biasa minum kopi, tapi gak terlalu banyak paling segelas sehari. Dulu waktu di Ericsson Indonesia, Bedeng adalah tempat paling enak buat ngopi. Disana bisa milih kopi sachet apa aja yang kita mau dan harganya enak di kantong, paling Rp.1000 – Rp. 2000 saja.

Soal rasa, kopi sachet macam Torabika Susu, ABC Susu, Kapal Api Mocca dkk. menurut gw lebih enak daripada kopi Starbucks. Di US kopi sachet macem begini jarang banget (hampir gak ada), kalaupun ada, harus beli di supermarket yang impor produk dari Indonesia. Warung kopi pinggir jalan macem Bedeng pun gak ada disini, bahkan kalo lagi makan di restoran pun, mereka pada gak jual kopi!!

Starbucks adalah satu-satunya vendor penjual kopi yang “warung” nya tersebar merata dimana-mana dan emang yang rasanya paling lumayan dibanding kopi gratis di kantor. Jadi ya terpaksa, ngopi = Starbucks, disini.

Di Indonesia gw belum pernah ngopi ke Starbucks karena bagi gw itu mewah dan harganya bisa buat makan siang full – sayang amat duit segitu buat ngopi doang, sampe suatu saat pas habis meeting di Telkomsel, gw diajakin CTO Ericsson buat Telkomsel Account -Pak ST- buat ngobrol-ngobrol dulu sambil ngopi di Starbucks Wisma Mulia sambil nunggu mobil kantor datang.

“Mau pesen apa Git?” ah lega, ditraktir si bos nih, gak perlu bayar sendiri pikir gw 😀

Tapi secara gw belum pernah ke Starbucks sebelumnya, gw bingung mau pesen apa ya, sama nama kopi nya aneh-aneh gitu, panjang banget wkwkwk. Sama gw takut juga gak sengaja pesan kopi yang mahal.

Akhirnya gw jawab: “Teh manis aja deh bos”

Si bos terus bilang: “Ah elu jangan malu-maluin gw dong, udah gw pesenin aja”

Hahaha…akhirnya gw tau satu nama waktu itu, dia pesenin Caramel Machiato…ribet dah

Padahal kalau di Bedeng kan tinggal bilang: “Pral, kopi hideung hiji, samsu satengah!”**

** Pral adalah panggilan untuk si Kopral (salamkeun nya), penjual kopi & rokok di Bedeng Wisma Pondok Indah, dulu rokokan buat temen ngobrol aja, sekarang sih udah lama berenti 😉